Skip navigation

Definisi fitnah sudah pernah saya tulis dalam artikel sebelumnya, namun ada baiknya diingatkan kembali. Menurut kateglo, definisi fitnah adalah:

perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang (seperti menodai nama baik, merugikan kehormatan orang)

Sekali lagi saya tegaskan, semua tulisan di sini selalu didukung bukti hitam di atas putih, walaupun cuma bukti elektronik. Jadi tidak ada perkataan bohong, ataupun pernyataan yang tidak berdasarkan kebenaran yang ditulis di blog ini. Semua bukti dilengkapi dengan dengan tautan dan juga tangkapan layar, agar tidak dianggap mengada-ada.

Namun Roy Suryo beranggapan lain. Di twitter-nya, dia kerap mengingatkan orang lain bahwa blog ini hanya berisi fitnah. Saya tidak berkompeten menilai tingkat kepandaian berpikir ataupun kemampuan dia membaca, tapi mungkin saja kedua hal ini menjadi penyebab dia menganggap semua tulisan di sini adalah murni fitnah. Hanya saja, untuk seseorang yang mengaku ikut menyusun UU-ITE, dia sama sekali tidak menindak-lanjuti tuduhannya tentang fitnah yang dilakukan oleh blog ini. Setidaknya ada dua pasal yang bisa dia pergunakan jika memang dia yakin blog ini 100% fitnah, yaitu Pasal 311 KUHP dan Pasal 27 ayat 3 UU-ITE.

Pasal 311 KUHP:

Pasal 311
(1) Jika yang melakukan kejahatan pencemaran atau pencemaran tertulis dibolehkan untuk membuktikan apa yang dituduhkan itu benar, tidak membuktikannya, dan tuduhan dilakukan bertentangan dengan apa yang diketahui, maka dia diancam melakukan fitnah dengan pidana penjara paling lama empat tahun.

Pasal 27 ayat 3 UU-ITE:

(3) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

Minimal ada dua pasal seperti yang sudah dikutip di atas yang bisa dia pergunakan untuk menindak-lanjuti pernyataannya bahwa blog ini 100% fitnah. Tapi sampai artikel ini ditulis, tidak ada tanda-tanda bahwa dia akan menindak-lanjutinya, baru hanya sebatas letupan kekesalan hatinya yang cuma berani dituliskan dalam status twitter. Meminjam ungkapan dalam bahasa Inggris yang sering dia kutip, time will tell™.

6 Comments

  1. Pertamax?

    siram bensin terooooooos :))

  2. “Tunggu aksi saya!™” ?

  3. Ketigaaaa…..saya ngerasa kok gaya bahasa blog ini gak asing ya? adakah niatan untuk membuka jati diri, hehehe .. kalo pak roy niat nuntut, kemana dong😀 .. btw nice post.

  4. Posting terlama sampai dengan posting terbaru dari blog ini sudah saya baca semuanya! Saya pahami pelan² selama 3 malams menjelang saya mau tidur ☺ apik!

  5. Mungkin tuan rumah blog ini bisa ke http://www.ariefzun.blogspot.com untuk menyanggah tuduhan roy suryo

  6. teetetetssss


One Trackback/Pingback

  1. […] This post was mentioned on Twitter by Roy Suryo Watch, Roy Suryo Watch and others. Roy Suryo Watch said: tidak berani follow-up, @KRMTRoySuryo menuduh Roy Suryo Watch 100% fitnah https://bloggerdanhacker.wordpress.com/2011/01/15/fitnah/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: