Skip navigation

Apa tuh yang 10 sampai 25 watt? Daya lampu bohlam? Ternyata bukan itu yang dimaksud oleh Roy Suryo, melainkan daya laser hijau yang dipergunakan oleh supporter Malaysia saat pertandingan bola AFF di sana. Dalam pemberitaan VIVAnews “Roy Suryo: Supporter Malaysia Pakai Laser Gun“, dikutip pernyataan beliau:

“Ini dayanya cukup besar, sekitar antara 10 sampai 25 watt. Jaraknya bisa mencapai sekitar 400 sampai 500 meter. Apalagi kalau difokuskan, akan lebih sangat bahaya,” kata Roy.


Besar kemungkinan beliau memang keliru antara laser dengan lampu bohlam. Laser consumer grade yang dijual untuk umum kekuatan paling besarnya adalah 1 W, yang dijual di Wicked Lasers. Tapi memang itu laser berwarna biru, untuk yang berwarna hijau, yang paling kuat yang saya temukan adalah 500 mW, di situs Dealextreme. Laser dengan kekuatan 10 W sampai 25 W digunakan untuk keperluan micro machining, dan amat sulit dibuat menjadi portabel karena masalah energi dan disipasi panas.

Lalu sebenarnya berapa kekuatan laser yang dipergunakan oleh supporter Malaysia tersebut? Andika memberitahukan bahwa laser dengan kekuatan hanya 5 mW dari jarak 365 meter bisa mengganggu pilot di bandar udara. Jadi tidak butuh kekuatan sampai 10 W untuk mengganggu penglihatan, cukup 5 mW pun sudah bisa mengganggu konsentrasi pemain bola.

Akhir kata, mohon pihak media sekali lagi melakukan cross check setiap kali melibatkan narasumber yang sangat diragukan seperti Roy Suryo. Beliau bahkan tidak tahu seberapa besar mesin laser yang dibutuhkan untuk menghasilkan laser berkekuatan 25 W, mungkin beliau mengira sama besarnya dengan sebuah lampu bohlam 25 W.

14 Comments

  1. pertamax
    *lanjut baca*

  2. hahahaha, termasuk mendompleng popularitas saat momentum piala AFF juga ga nih???

    irsanwidyawan.wordpress.com

  3. laser 25W itu buat motong plat logam tipis, kalo kena orang bisa bikin tato kali ya…

  4. hi roy™

  5. Hihihi🙂. 2-3 tahun yang lalu aku doyan menyoroti gedung2 di Bandung dengan laser hijau. Dan tentu nggak ada yang di atas 1 watt.

    Tapi, kali ini, dibandingkan para politisi yang membiarkan wajah mereka diposterkan heboh di Bukit Jalil, Oom Roy tak tampak terlalu bodoh lagi.

  6. Jangan-jangan pihak media yang salah tulis, seharusnya, “10 s.d. 25 miliwatt”?
    🙂

    • menyalahkan media salah mengutip itu termasuk safety net standar roy suryo. tapi ya tetap aja media mengutip dia.

  7. KeRMiT Ruoy! parah sekali asal njeblag😀

  8. ah, roy lagi… roy lagi… :))

  9. :mrgreen: waduh kayaknya saya harus mesen nih:mrgreen: laser 25 watt coy!!

  10. dasar koplok..
    Gw baru aja diblock di twitt nya gara2 nge twitt opini benar dan opini salah…dasar kuya…

  11. Siram bensin terooos😀

  12. wahahaha… 25 watt??? ngawurrr… kalo 25 watt mungkin markus udah kepotong, kayak video ini : http://www.youtube.com/watch?v=WNslshZJnlM

  13. bener-bener gabisa di maafkan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: