Skip navigation

mari kita cermati jurus-jurus basi yang sering dipergunakan oleh beliau. jurus pertama adalah jurus mengirimkan sms yang isinya merupakan intimidasi. contoh yang paling mutakhir adalah yang dialami oleh didit, dikirimi sms menjelang tengah malam oleh pakar kita ini. hal ini pernah saya alami sendiri tahun 2004 lalu:

Roy Suryo +628159902811 11/09/2004 18:30:57
Mas Eko Juniarto Yth, saya Roy Suryo<. Saya tadi kirim e-mail ke anda, mohon bisa dijawab. Salam kenal dan Terimakasih sebelumnya (Hormat saya u/ pak Adiwoso)

ini sms pribadi ke saya, namun beliau menyebut-nyebut nama bos besar saya.

Reply at 11/09/2004 18:35:09
Tanyakan langsung saja, weekend saya jarang internet. Sampaikan saja salam anda ke ARA langsung, gak perlu lewat saya.

Roy Suryo +628159902811 11/09/2004 18:38:16
Ok mas. Saya tadi mengirim e-mail untuk mengetahui siapa pemilik e-mail pau-mikro@diva-valen.com. Saya harus mengetahui secara pasti dari anda, terimakasih.

Reply at 11/09/2004 18:40:42
Yap, semua domain diva-valen.com milik saya

Roy Suryo +628159902811 11/09/2004 18:45:28
Ya sudah, mas. Berarti pau-mikro@diva-valen anda juga khan, mas? Apa saya pernah melakukan kesalahan kepada anda? Kok tampaknya anda sering sebut2 saya?

di sini beliau mulai absurd. rupanya yang beliau maksud itu adalah saya sering melakukan redirecting mail dari seseorang yang pakai nama roy suryo di milis itb ke milis genetika. sementara yang saya pikir itu adalah sikap beliau yang sama sekali tidak mau menjawab pertanyaan atas logika beliau soal foto sukma ayu, yang mengandalkan jika ada metadata maka foto tersebut asli. beliau sudah sangat sering melakukan blunder semacam ini, seperti sewaktu beliau menyatakan foto telanjang artika sari itu asli, lalu foto mulan dan dhani itu juga asli. belum lagi sewaktu beliau mengumumkan bahwa secara ilmiah, black box adam air jatuh di rawa-rawa.

Reply at 11/09/2004 18:48:35
Lho, kenapa mesti lewat sms? Bukankah lebih gentleman jawab semua pertanyaan saya di milis genetika?

Roy Suryo +628159902811 11/09/2004 18:51:14
Memang. SMS lebih memiliki nilai hukum (jelas identitasnya) dibandingkan e-mail yang bisa seenaknya dibuat. Jawaban anda sudah cukup kok, terimakasih.

di sini beliau mulai menyebut-nyebut hukum.😀

Reply at 11/09/2004 18:52:46
Makasih juga sudah mengirim bukti kepada saya

Roy Suryo +628159902811 11/09/2004 18:57:21
Ya. Sampai jumpa secara nyata.

sebenarnya saya pernah jumpa dengan beliau di dunia nyata, sewaktu mantenan saya di semarang. beliau “bermurah hati” menjadi pengarah gaya, sementara saya setengah mati menahan tawa.

Reply at 11/09/2004 18:58:58
Salam buat orangtua anda, terimakasih sudah datang ke mantenan saya

Roy Suryo +628159902811 11/09/2004 19:03:59
“Yap, semua domain diva-valen.com milik saya”
>> Pengakuan yang sangat bermakna, mas Eko. Salam untuk ortu akan disampaikan, saya sekalilagi berterimakasih.

“pengakuan”, serasa BAP (berita acara pemeriksaan) saja.

Reply at 11/09/2004 19:06:19
Ahem, anda gak perlu ketik sms untuk cari info registrar, mas roy masih butuh diajarin?

Roy Suryo +628159902811 11/09/2004 19:07:00
Ya, mas. Sudah jelas semua. Salam hormat saya untuk Oom “Senthek” (panggilan akrab beliau dari rekan2 sejawatnya). Kapan mau saya ‘arahkan gaya’-nya lagi?🙂

akhirnya beliau ingat siapa saya.😀

Reply at 11/09/2004 19:09:00
Nah, berarti sudah pernah ketemu di alam nyata kan? Lupa ya?


sehabis itu beliau tidak lagi melanjutkan SMS-nya. sewaktu saya meneruskan ajakan diskusi terbuka dari riyogarta, baik melalui SMS maupun mail, beliau juga sama sekali tidak membalas.
 

jurus kedua yang sering beliau pergunakan adalah menggunakan media umum untuk menjatuhkan orang lain. istilah londonya, character assassination, istilah ndesonya, karakter asinan. contoh yang pernah saya alami sendiri adalah sewaktu beliau mengirimkan surat terbuka ke berbagai milis yang bahkan saya tidak pernah ikut di dalamnya, seperti technomedia. contoh yang mungkin masih segar dalam ingatan kita adalah ketika beliau menuduh des alwi punya kepentingan ekonomi dalam kasus lagu indonesia raya. dan penggunaan jurus ini, walaupun basi, tapi tetap ampuh, karena dia bisa mengatakan yang membahas blunder-blunder di masa lalunya sebagai kurang wawasan.

jurus ketiga
, adalah berusaha membuat forum diskusi sesuai dengan cita-rasa beliau. misalnya untuk undangan diskusi terbuka dengan riyogarta, beliau memaksakan topik diskusi diubah menjadi “bagaimana membangun citra positif blogger.”😀 ya yang bikin polarisasi positif negatif di dunia blog ya beliau ini, dengan mengubah topik seperti ini, artinya polarisasi yang dikarang beliau diamini oleh penyelenggara diskusi.

kasih daaaah.

15 Comments

  1. ternyata banyak juga yang diintimidasi dengan cara yang mirip.
    mas roy..mas roy…

  2. layak masuk tempatsampah ya om? :p

  3. jadi gimana hasil ketemu pak nuh tadi malam?
    apakah sang pakar akan tetap dibiarkan merajalela? mau tunggu berapa banyak korban lagi?

  4. hadoooh ….
    susah bener ya … tipikal manusia orde baru. ga bisa dibilang salah.

    Hi Roy™

  5. Hehehe
    **mo ngomong apa yak?**
    bung Admin bloggerdanhacker, minta nomor teleponnya dong😉
    Nomor saya: 0855-100-7204
    Thanks.

  6. Mati aja d RS, Pakar Gadungan

  7. hiks…kermit show ternyata kagak ada matinya…
    *moga² kagak sampe belekan buat ngikutin sampe season terkahir xixixi..:p

  8. Seperti tipe orang yang akan jatuh karena ucapanya sendiri. Rekam kata2nya, tulisannya, dan itu yang akan menjatuhkannya.Tipe orang yang tidak memiliki integritas, pagi bilang tempe, sore tahu.

    • telematika-indonesia
    • Posted April 9, 2008 at 2:00 pm
    • Permalink
    • Balas

    ehem… HORMAT DONG SAMA ROY SURYO…
    JGN LUPA, BELIAU ITU “KRT”, GELAR KEHORMATAN…

    DAN JUGA PAKAR!

    • telematika-indonesia
    • Posted April 9, 2008 at 2:46 pm
    • Permalink
    • Balas

    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
    ehem… HORMAT DONG SAMA ROY SURYO…
    JGN LUPA, BELIAU ITU “KRT”, GELAR KEHORMATAN…

    DAN JUGA PAKAR!
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    • telematika-indonesia
    • Posted April 9, 2008 at 2:48 pm
    • Permalink
    • Balas

    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~..
    ehem… HORMAT DONG SAMA ROY SURYO…
    JGN LUPA, BELIAU ITU “KRT”, GELAR KEHORMATAN…

    DAN JUGA PAKAR!
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~..

  9. Saya ikutan ketawa aja deeh……

  10. heeeiii! mbok ya jangan bawa2 orang yg g punya blog itu! ntar dia ngamuk trus ngadu ke depkoinfo, WP kita malah ikut2an diblok lagi…!
    .
    cape dewh!
    .
    halah, Salam,.

  11. menunggu saja deh

    hah, RS pengarah gaya manten???

  12. artinya polarisasi yang dikarang beliau diamini oleh penyelenggara diskusi.
    .
    Eits jangan salah, itu setahu saya cuma sekedar supaya RS mau tetap bicara.
    .
    Isi acara sih tetap sama seperti yang kita inginkan, tidak seperti yang RS harapkan🙂


2 Trackbacks/Pingbacks

  1. By blogger negatif « Blogger dan Hacker on 08 Apr 2008 at 11:43 pm

    […] Blogger dan Hacker Tunggu Aksi Saya!™ Tentang Kami « jurus basi yang kerap dipergunakan sang pakar […]

  2. […] pada jurus-jurus yang sering diperlihatkan, seperti name-calling (tukang kebun) dan ad hominem (kepentingan […]

Tinggalkan Balasan

