Skip navigation

saya akan awali tulisan ini dengan mengutip KUHP, kitab undang-undang hukum pidana.

Bab XVI – Penghinaan

Pasal 310

(1) Barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

(2) Jika hal itu dilakukan dengan tulisan atau gambaran yang disiarkan, dipertunjukkan atau ditempelkan di muka umum, maka diancam karena pencemaran tertulis dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

(3) Tidak merupakan pencemaran atau pencemaran tertulis, jika perbuatan jelas dilakukan demi kepentingan umum atau karena terpaksa untuk membela diri.

Pasal 311

(1) Jika yang melakukan kejahatan pencemaran atau pencemaran tertulis dibolehkan untuk membuktikan apa yang dituduhkan itu benar, tidak membuktikannya, dan tuduhan dilakukan bertentangan dengan apa yang diketahui, maka dia diancam melakukan fitnah dengan pidana penjara paling lama empat tahun.

Pasal 318

(1) Barang siapa dengan sesuatu perbuatan sengaja menimbulkan secara palsu persangkaan terhadap seseorang bahwa dia melakukan suatu perbuatan pidana, diancam karena menimbulkan persangkaan palsu, dengan pidana penjara paling lama empat tahun.

tribun timurProtes UU ITE, Blogger Rusak Situs Pemerintah dan Parpol
Biasa saja, tetapi yang patut dikhawatirkan adalah tindakan para blogger negatif tersebut bisa merugikan pemerintah dan siapa saja yang menjadi korban mereke (hackers),” tandas Roy Suryo yang juga aktif menjadi pengurus di Partai Demokrat ini.

indocommit maling teriak malingMana Ada Maling Teriak Maling?
Komunitas blogger diduga kuat sebagai pelaku pembobol dua situs milik Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) dan Partai Golkar belum lama ini.

Demikian penjelasan pakar telematika Roy Suryo saat dihubungi Indocommit.com pada pekan lalu. “Mana ada maling teriak maling?” sergahnya. Menurutnya, blogger di Indonesia beda dengan blogger di luar negeri.

Namun, lanjutnya, ada juga blogger yang negatif, seperti Enda Nasution. Roy menuding kemungkinan besar Enda Cs berada dibalik ‘serangan’ terhadap situs Depkominfo dan Partai Golkar.

mungkin roy suryo sedang tidak berpikir jernih, sehingga mengucapkan “mana ada maling teriak maling”. ya tentu saja, maling untuk mengalihkan perhatian ya pasti ikutan teriak maling. sepertinya yang beliau maksud adalah mana ada maling mau mengaku.

indocommit blogger hambat akses internetBlogger Hambat Mayarakat Akses Internet
Coba dilakukan survei kepada masyarakat mengenai peran blogger. Saya bisa pastikan publik sekarang ketakutan buka internet karena sikap sebagian blogger, seperti Enda Nasution yang nyeleneh,” tuturnya.

Menurutnya, blogger tidak memberikan kontribusi terhadap perkembangan teknologi informasi komunikasi (ICT) di tanah air. “Enda Cs menolak diajak menyumbangkan ide dalam penyusunan undang-undang informasi dan transaksi elektronik (ITE) sebelum undang-undang tersebut disahkan DPR,” paparnya.

indocommit air susu dibalas air tubaAir Susu Dibalas Air Tuba
Seperti telah diberitakan, pada 27 September tahun lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menetapkan setiap 27 September diperingati sebagai Hari Blogger Nasional.

Namun, sekarang air susu dibalas air tuba. Blogger malah menyerang situs Depkominfo sebagai reaksi tidak puasnya mereka terhadap undang-undang informasi dan transaksi elektronik (ITE) yang belum lama ini disahkan DPR,” tuturnya.

hari blogger yang ditetapkan itu bersamaan tanggalnya dengan pelaksanaan pesta blogger 2007, yaitu 27 oktober. dan seperti pernyataan maling teriak maling, sudah tampak jelas siapa sebenarnya yang sedang mengadu domba.

UU ITE hambat bloggerUU ITE Ancam Blogger
Adapun serangan terhadap dua situs tersebut merupakan tindakan penolakan terhadap UU ITE. Pakar telematika itu mengungkapkan, komunitas blogger yang dipimpin Enda Cs hanya suka menjelek-jelekkan kinerja pihak lain, termasuk pemerintah.

Saya katakan sebenarnya. Serangan yang dilakukan blogger Indonesia yang dipimpin Enda Cs merupakan tindakan bodoh,” ucapnya.

sepertinya melakukan pengungkapan kebenaran memang tidak disukai oleh kaum penipu. sebagai contoh, saya membuat catatan tentang penipuan maxgain, dan tetap saja para penipu itu menganggap saya yang sirik, hehe.

Wawancara Radio Elshinta dengan Roy Suryo

soal bukti bahwa blogger yang melakukan perusakan:
elshinta: kalau mas suryo lihat, berkaitan dengan disahkannya undang-undang ITE ini mas, atau ada hal lain?
roy suryo: pasti, pasti. dan ini sebelumnya sudah saya duga sebelumnya kan. kalau, kalau temen-temen, mungkin elshinta juga ingat dua hari yang lalu ya, eee saya juga kirim informasi juga ke beberapa kawan, informasi saya berbunyi adalah, eee meskipun ada, eee ah meskipun nanti pasti ada tantangan dari para hacker dan para blogger, nah ini buktinya. sudah, jadi, jadi, jadi pagi ini, eee situs depkominfo ya, double you double you double you dot kominfo dot go dot id.

soal siapa saja blogger negatif itu:
roy suryo: Banyak blogger yang positif juga ya, kayak-kayak mas wimar, kemudian mas budi putra, mas wicak, mayla, pak yusril ya pak yuwono tapi, sayangnya tertutup dengan ulah para blogger lain, yang dari awal memang tujuannya hanya untuk mencela orang lain, menjelek-jelekkan kebijakan, gitu, yah sebut saja beberapa blogger awal yang kaya enda, priyadi, eko dan lain sebagainya itu yah, yang sayangnya, itu diikutin oleh blogger-blogger baru. Yang, yang trendnya kemudian kalau ngeblog itu nggak-nggak-nggak apa ya? Èèè.. Nggak afdol kalau tidak mencela pemerintah, tidak mencela orang lain, nah ini-ini yang saya-yang saya sayangkan, gitu…

ternyata yang dimaksud blogger negatif itu enda, priyadi dan saya sendiri. hore, nama saya disebut-sebut oleh selebritis.😀

Ditantang Blogger, Roy Suryo Emoh Dialog Maya
Roy memastikan siap hadir dalam acara itu secara profesional seperti layaknya acara seminar. “Tolong mereka menyiapkan tempat umum yang ilmiah seperti kampus, diliput media, dan hadir secara nyata. Saya tidak melayani diskusi maya,” tegas dosen UGM Yogyakarta itu.

pernyataan beliau di atas sepertinya dalam rangka menjawab surat terbuka dari riyogarta yang mengajak beliau melakukan dialog terbuka. yang perlu dipersiapkan tentunya adalah sponsor yang bersedia membayar tarif keprofesionalan pakar sekaliber beliau. akan tetapi, mengapa pakar telematika tidak bersedia berdiskusi di dunia telematika itu sendiri ya?

soal Enda cs
siapa sih mereka yang sering disebut sebagai Enda cs oleh beliau?
enda cs
foto diambil dari situs blog wimar witoelar.

[ TAUTAN ]

29 Comments

  1. tulisannya menyeluruh, ass expected.

    mengapa pakar telematika tidak bersedia berdiskusi di dunia telematika itu sendiri ya?

    karena ciken, dan pengen diliput media.
    eh jangan lupa siapa itu dulu yag pegang kartu nama ybs, kan ada nomer rekeningnya tuh, transfer dulu duitnya.

  2. pertamax?

  3. Om..kalo jadi ketemuan ama si RS, kita diundang yaa…

    lagi usaha sebar ke orang2 kompeten nih..hehehehe

  4. he.he.he.. mas adinoto gimana? masih disimpan tidak kartu nama dengan siluet yang terkenal itu?😀

  5. khusus buat kermit kayaknya…mulutmu-pant*tmu
    hiks…kok komoh banget :p

  6. wah… mas eko ngetob juga yah… dari ribuan blogger ‘negatif’ anda menduduki rank no 3 setelah Enda dan Pri.

    seharusnya RS ini prihatin, karena dengan adanya UU ITE, RS bisa kehilangan jobnya sebagai pakar pornomatika.

  7. hmm..gila..bedah tuntas juga yah setiap ucapan bang roy suryo

  8. Wah, perlu diseriusin nih….RS.
    gw blogger amatir. baru posting ga nyampe 100. masak gw diteriakin maling…

    uda….hajar aja lah….
    kalo perlu sewa tempat, gw sumbang deh…

    gw pengen tau…dia berani datang ato nggak.

  9. wah makin seru aja sih ni si guk guk, makin di lepas makin liar

  10. cuman satu kata buat RS:

    “teganya,,teganya,,teganya…”

    *dangdut style*

  11. Ayo cari sponsor dan Blogger senior, jadi bisa di mentahin tuch RS

  12. Selamat ya, Bang. Musuhnya musuh berarti teman!:mrgreen:

    Semoga tinggal masalah waktu saja hingga kemudian dia yg selebritis jadi terpuruk penuh malu. Semoga di saat itu kita masih bisa bersikap arif dan penuh maaf.

  13. huh, 3 besar aja bangga…ya wis, pertahankan prestasi mu dan buktikan kamu bisa jadi no 1 ehehehehehhehee😀

  14. Gimana kalau kita minta Bung Wimar yang mengundang Roy Suryo untuk berdialog di acara Perspektif Wimar ANTV. Kalau yang mengundang blogger positif masa sih dia nggak datang???

  15. om, mau ralat. saya kebetulan dulu sempat kuliah di fisipol ugm, tempat mas roy ngaku jadi dosen disitu. konfirmasi ya.. om roy ndak pernah jadi dosen di ugm, cuma jadi dosen tamu, itupun memberi kursus tentang fotografi. kenapa fotografi? karena beliau dulu pernah jadi ketua klub fotografi.

    jadi, sudah dikonfirmasi ya… bukan dosen. apalagi ugm. tapi kalau nebeng kotak surat di ugm sih masih sampai hari ini. biar dapet embel-embel ugm gitu. hehehe.

  16. mungkin om roy mau ikut pilpres 2009, makanya numpang ngetop cari sensasi ngatain blogger, wakakakak…

  17. Kesimplulannya… sudah jelas…

    ga usah di hiraukan ulah si om uyo…

  18. Sebenarnya “mana ada maling mau mengaku” sudah bagus. Tapi seingatku kalimatnya yg tepat “mana ada maling ngaku maling”.
    Ya intinya sama sih. Aku cuma ingin menyempurnakan aja. Tolong koreksi jika salah.

  19. Hahaha Enda CS😀

    Sebagai seorang yang (salah satu) blognya terblok, aku harap pengaturan internet di Indonesia bisa lebih bijak dan melibatkan orang-orang yang paham benar dengan dunia internet.

  20. Barusan saya membaca bakal ada dialog antara blogger dan Roy Suryo…kalahkan saja dia di sana

  21. (2) Jika hal itu dilakukan dengan tulisan atau gambaran yang disiarkan, dipertunjukkan atau ditempelkan di muka umum, maka diancam karena pencemaran tertulis dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

    pasal ini kok aneh ya, kayaknya kita gak masalah kalau ngelakuinnya dengan tulisan atau gambaran yang disiarkan, bayar aja 4500 rupiah..he.. he..

  22. Masalah (sengaja disebut sebagai masalah) utama di kasus RS vs Blogger sebenarnya kan sudah dari sebelum blog mulai populer dan terkait dengan komentar-komentar beliau yang tidak berdasar tetapi dipercaya media. Akhirnya jadilah beliau pakar ini itu (versi terakhir: telematika). Ironisnya yang dianggap pakar ternyata tidak benar-benar mengerti apa yang dikomentarinya. Media sendiri yang membesarkan nama beliau juga sebenanya tidak mengerti harus kemana untuk ‘cross check’ apa yang dikatakan oleh pakar tersebut (atau malas?). Hasilnya adalah bangsa yang kebanyakan (68%? lebih mungkin, tapi saya tidak punya data akurat!) belum melek telematika akan lebih disesatkan dengan hal-hal yang sebenarnya juga tidak penting (foto artis bugil).
    Di sisi lain sebenarnya blogger bisa dijadikan rujukan kebenaran pendapat beliau tetapi balik lagi mungkin media tidak terlalu melek telematika sehingga tidak mengenal mereka kecuali orang-orang yang pada awalnya memang dikenal di media lain.
    Mungkin dengan menggebu-gebunya RS menuding blogger, media bisa mulai mencari pendapat ‘musuh-musuh’ beliau, dan akan dapat dilihat mana yang menyesatkan dan mana yang tidak.
    Ah sudahlah, RS bukan pakar cuma selebriti, yang terdengar (paling tidak buat saya) cuma sensasi kehebatan pribadi. Arogansinya termasuk hebat bisa disejajarkan dengan pentolan band papan atas.

  23. eh, mas salah ngutip tuh, roy suryo mah bukan dosen UGM tapi cuman ngisi kuliah tamu, itupun di jurusan sosial

  24. ya.. kita lihat aja kebenaran pasti terbuka, bagi yg memang punya itikad ga baik smoga sadar dan cepet2 bertobat, mumpung sempet he..he

  25. roy suryo kwakakakakakaka…kaya srimulat suka ngelucu..cari muka

  26. bang roy suryo mukamu kaya hantu….

  27. secara pribadi saya tidak mengenal Sdr. Enda, Sdr. Priyadi, Sdr. Cosa, Bpk. Wimar, Bpk. Budi R dll. Tapi saya anggap mereka sbg senior, meskipun saya sendiri sudah bikin personal homepage dari sekitar 1999 (saya senior juga kali).

    Terus terang saya eneg dengan kalimat berikut:

    Coba dilakukan survei kepada masyarakat mengenai peran blogger. Saya bisa pastikan publik sekarang ketakutan buka internet karena sikap sebagian blogger, seperti Enda Nasution yang nyeleneh,” tuturnya.

    Saya anggap Sdr Enda sbg Mbahnya Blogger Indonesia … jadi kalau Enda dianggap RS sbg nyeleneh, sama saja RS meng-underestimate anggapan saya, secara tidak langsung.

    Spt saya tulis (below) seharusnya Blogger Senior sepakat bilang ke RS “Just Shut UP Your Mouth!!!”

    http://beritaheboh.wordpress.com/2008/03/30/roy-suryo-apa-sih-maumu-fenomena-blog-bukan-trend-sesaat/

  28. punya rekaman diskusinya roy suryo gak? yg sama komunitas blogger itu?

    aku lg diluar kota waktu itu, jd no internet akses .. hiks hiks.

    kalo ada boleh dong minta linknya

    thx yah

  29. WUAKAKAKAKAKAKKAKAKAKAKAKA…. ini orang ya…


14 Trackbacks/Pingbacks

  1. By kode etik jurnalistik « things left unsaid on 02 Apr 2008 at 11:40 am

    […] etik jurnalistik di indonesia: kode etik jurnalistik PWI, dan kode etik jurnalistik AJI. dari hasil mengumpulkan berbagai pemberitaan yang berhubungan dengan roy suryo, terlihat banyak sekali kode etik yang […]

  2. […] Berikut adalah penggalan transkrip dari acara tersebut yang dikutip dari blog Blogger dan Hacker: […]

  3. […] lebih detail bisa dilihat di sini […]

  4. By ni orang pengen gw tabok! on 03 Apr 2008 at 11:41 am

    […] dialog dengan si suryo :: ka diye « first rafting | kali elo, magelang […]

  5. […] Apakah Gw Blogger Negatif ? 04 April 2008 oleh paydjo Banyak blogger yang positif juga ya, kayak-kayak mas wimar, kemudian mas budi putra, mas wicak, mayla, pak yusril ya pak yuwono tapi, sayangnya tertutup dengan ulah para blogger lain, yang dari awal memang tujuannya hanya untuk mencela orang lain, menjelek-jelekkan kebijakan, gitu, yah sebut saja beberapa blogger awal yang kaya enda, priyadi, eko dan lain sebagainya itu yah, yang sayangnya, itu diikutin oleh blogger-blogger baru. sumber: bloggerdanhacker […]

  6. By | Laporan Singkat Acara 777 | Catatan on 08 Apr 2008 at 11:31 am

    […] ini diperdengarkan oleh salah seorang blogger negatif yakni Eko Juniarto. Rekaman bisa didengarkan disini Saat rekaman ini diputar, pak Menteri dan staff-nya mendengarkan dengan […]

  7. […] dilontarkan setelah beberapa blogger mengutarakan kebimbangannya karena telah dituduh oleh seorang pakar “telematika“ sebagai komunitas negatif yang telah merusak situs depkominfo dan sebuah partai […]

  8. By Fenomena Blogosphere « sebuah perjalanan on 09 Apr 2008 at 1:05 pm

    […] Roy Suryo sering menuding bahwa para blogger adalah tukang tipu, berbahaya dan negative… sehingga sering membuat telinga blogger panas – bahkan kemarin komunitas BBV sempat […]

  9. […] yah..semoga dialog ini bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi selama ini.semoga kata-kata yang pernah dikeluarkan oleh yang bersangkutan itu bisa mempertanggungjawabkan perkataannya. jangan sampai bener-bener terjadi "mulutmu-harimaumu"  […]

  10. […] dari kutipan hasil wawancara dan perbincangan , yang aku baca dari bang priyadi yang bersumber dari blog blogger & hackers dan beberapa blogger yang telah menulis hal ini membuat ricuh dan memecah belah persatuan para […]

  11. By Eko Juniarto vs Roy Suryo « Budayawan Muda on 14 Apr 2008 at 2:06 am

    […] argumentasi sendiri bahwa apa yang dikomentari oleh Mas Eko bukan hal hal pribadi tapi hal hal yang bersifat teknis dari pernyataan Mas Roy ke media yang dianggap tidak […]

  12. By idiom agitatif « Blogger dan Hacker on 16 Apr 2008 at 3:44 pm

    […] blogger negatif […]

  13. […] penjebol sejumlah situs. Masih kurang puas, dia juga menuding langsung beberapa blogger sebagai blogger negatif. Ketika diminta klarifikasinya dalam pertemuan antara sejumlah blogger yang diwakili oleh Riyogarta […]

  14. By Karakter Asinan « Blogger dan Hacker on 10 Mar 2010 at 10:21 am

    […] Roy Suryo tiap kali ada berita miring (dan benar) yang membahas ketidak-kompetenan beliau. Ibarat maling teriak maling, tingkah laku beliau pun tidak ada bedanya, mendengung-dengungkan character assassination sambil […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: