Skip navigation

diawali dengan artikel di kompas hari selasa yang berisi celotehan roy suryo yang menyudutkan blogger dan hacker. namun anehnya artikel tersebut mendadak hilang dan digantikan dengan artikel lain, namun bisa dilihat dari komentar-komentar yang ada masih merujuk ke artikel yang lama. untung ada google cache, sehingga masih bisa dilihat isi artikel aslinya:

artikel asli kompas

 

lalu dilanjutkan dengan artikel di kompas hari jumat kemarin, lagi-lagi berisi celotehan roy suryo menyalahkan blogger dan hacker sebagai pihak yang bertanggung-jawab atas peristiwa defacing situs depkominfo dan golkar. masih ditambah dengan menantang mereka untuk merusak situs presiden dan situs partai demokrat, kalau begini sebenarnya siapa yang mengadu domba?

pada artikel-artikel tersebut sama sekali tidak terlihat usaha untuk melakukan CROSS CHECK ke blogger maupun hacker. pada ngapain wartawan kompas? apa sudah terlalu malas mencari narasumber untuk menulis berita yang berimbang, atau memang generasi kompas sekarang memang begini kredonya, percaya bulat-bulat pada satu narasumber yang bahkan isi celotehannya sangat tendensius dan isinya cuma defamation of character?

Bagi saya pribadi ini adalah tindakan pengecut para hacker dan blogger. Saya hanya korban sekunder. Korban primernya ya Depkominfo dan Partai Golkar. Hacker dan Blogger jelas ada di balik kasus ini. Karena mereka paling nggak setuju dengan pengesahan UU ITE,” ujar Roy Suryo yang dihubungi kompas.com melalui telepon.

tindakan pengecut para hacker dan blogger. berdasarkan wawancara dengan pelaku defacing, dia bukanlah blogger.

Hacker dan Blogger jelas ada di balik kasus ini. Karena mereka paling nggak setuju dengan pengesahan UU ITE. hati-hati roy suryo, anda telah menuduh tanpa bukti. kalau memang anda yakin dan tahu pelakunya adalah blogger, paparkan buktinya!

ujar Roy Suryo yang dihubungi kompas.com melalui telepon. ok, jadi wartawan kompas menghubungi roy suryo melalui telpon. lalu mana usaha wartawan kompas menghubungi para blogger? butuh yang high profile? semoga nama-nama berikut ini cukup high profile untuk kompas: juwono sudarsono, budi rahardjo, wimar witoelar, yusril ihza mahendra.

Ia menambahkan, tindakan pengecut para hacker dan blogger juga bisa dilihat dari tindakan mereka yang tidak langsung menyerang website yang supervisi oleh dirinya. “Kasihan Depkominfo, kasihan Partai Golkar. Mereka tidak salah tapi jadi sasaran mereka padahal saya nggak di belakang situs tersebut. Kenapa nggak situsnya Presiden SBY atau Partai Demokrat yang diserang dimana jelas-jelas saya menjadi supervisornya,” tambah Roy.

sungguh sebuah pernyataan yang tidak bijak. buat saya, partai demokrat jelas bukan pilihan untuk para blogger, mengingat adanya roy suryo yang punya dendam kesumat ke blogger di sana.

Saya salah satu orang yang paling keras menyuarakan UU ITE, dan itu jelas bertentangan dengan para hacker dan blogger. Mereka menganggap UU ITE melanggar prinsip kebebasan,” tegas Roy.

sejak kapan roy suryo menjadi juru bicara para blogger? bukankah para blogger tidak dianggap apa-apa oleh beliau, mengapa beliau memberikan pernyataan mengatas-namakan blogger? dan mengapa kompas menulis celotehan roy suryo tanpa sama sekali berusaha bertanya ke blogger apa sikap mereka?

lihat ada pengakuan dari sang pelaku defacing, dan di situs golkar dia meninggalkan pesan bahwa dia bukan blogger; juga cara mengontak pelaku sudah jelas terlihat pada gambar yang dia tinggalkan, mana usaha wartawan kompas untuk melakukan wawancara?

jadi, ada apa dengan kompas?

BAB VII
PERBUATAN YANG DILARANG

Pasal 27

(3) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

Pasal 28

(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

[ TAUTAN ]

34 Comments

  1. mungkinkan wartawannya gak punya akses ke sumber lain?

    atau jangan2…. RS punya saham di kompas😀

  2. ah..udah eneq ama tuh orang

  3. bosen saya ngeliat si RS itu,, banyak omong doank…

    hidup blogger…

  4. Sudah pakai tembusan ke situs terkait ?😀

    tentu saja sudah. saya tinggalkan pesan di kolom komentar, dan juga ke milis forum pembaca kompas.

  5. ho ROY tm🙂
    terlepas dr itu enda punya sebutan baru, selain bapak blogger juga bapak hacker😀

  6. who the f**k is Roy Suryo?

  7. Bertambah lengkap kekecewaan saya terhadap Kompas. Setelah sebelumnya saya sering mengernyitkan dahi membaca gaya tulisan di sana yang penuh retorika (“kemiskinan menjadi-jadi”, “negara yang gagal”, adalah jenis obral ungkapan khas Kompas), sekarang pembaca dihadapkan pada kenyataan sebagai media corong satu arah. Opini itu pun dimuat tanpa dipertimbangkan terlebih dulu kepatutannya.

  8. Ada kok masih beritanya di kompas:
    http://www.kompas.com/read.php?cnt=.xml.2008.03.25.16513265&channel=1&mn=1&idx=1

    sepertinya sudah diperbaiki oleh kompas. ini screengrab saat artikelnya berganti.

  9. kompas kompas …. kasih tanggapan donk…🙂

  10. Halah.. mati aja deh Roy Suryo tuh !!! belagu banget kali jadi orang..

  11. Suryo… pernah liat blog INI GA SIH. Masa isinya resep semua disama ratakan blogger itu hacker. Mang Resep membuat kelepon bisa buat bobo golkar ya..😦

  12. Terus terang saya jadi bener2 ga respek sama Roy Suryo…. Masa dia bilang yang deface menkominfo adalah hacker dan blogger ….. Kenapa selalu bawa2 blogger???!

    Roy menyatakan bahwa aksi hack tersebut dilakukan oleh blogger dan hacker. Bahkan Roy menambahkan bahwa kedua kelompok tersebut selalu bertindak negatif.

    Ini orang dendamnya sama Priyadi.Net nampaknya masih membara …. Ia tidak bisa menutupinya sehingga ketika ada suatu kasus langsung deh melancarkan “opini asbun” yang membabi buta, menyerang BLOGGER.

    Nampaknya skills Wartawan Kompas sekelas “Roy Suryo” …. Yang menganggap Roy Suryo adalah AHLI …. (AHLI WARIS kali …???)

    Masak Ahli internet tidak punya situs/tidak punya blog? Pernah membawakan acara “e-lifestyle” tapi tidak punya blog tidak punya website? terus “e” nya dimana coba?

    Saya pikir sudah saatnya Roy Suryo tutup mulut …

    Para Wartawan Indonesia, terutama Kompas juga, please deh …. jangan bego-bego amat deh lo! (tiru tuh wartawan detik.com! yang hati-hati bila menggunakan opini Roy Suryo)

    http://beritaheboh.wordpress.com/2008/03/30/di-hack-situs-partai-golkar-unavailable-roy-suryo-aksi-hack-tersebut-dilakukan-oleh-blogger-dan-hacker/

  13. Hi Roy “Sang Pakar”
    halah roy lagi2. tapi gpp koq enak loh ada die (artis dagelan di internet), jd artis of the month tuh bulan ini..
    🙂🙂

  14. dukung dialog terbuka roy vs blogger! biar masyarakat pada tau ‘bejat’nya si roy ini

  15. ah ah ah..

    makin panas aje nih

    saya dukung dialog terbuka blogger dan pak roy suryo🙂

  16. ini dari komentar dari tulisan di blog saya :

    ……Pak Roy saya pikir tidak berkompeten di case ini sebagai saksi ahli (beliau kan dosen saya di ugm, jadi saya punya gambran umum mengenai spesialisasi beliau). KArena ini terkait dengan internet networking, yang bukan lingkup nya pak Roy. pak Roy sebatas rekayasa image bukan pakar jaringan. Rekomendasi saksi ahli banyak pak, ada pak Onno W Purbo (pakar security), pak Michael S Sungiardi, dan masih banyak lagi. Pak Roy kan dosen sospol ugm, bukan dosen TI….

    *betulkah ?*

    dari fact sheets tentang roy suryo:
    (1). Dia BUKAN dosen UGM, yang benar adalah pengajar tamu di Program D-3 Komunikasi UGM, mengajar fotografi (itu pun saya duga hanya bbrp semester saja, skrg saya cek ke sana sdh tidak dipasang ngajar lagi). Terminologi dosen tamu ini sangat umum di UGM, terutama di program D-3.

  17. quote

    ini dari komentar dari tulisan di blog saya :

    ……Pak Roy saya pikir tidak berkompeten di case ini sebagai saksi ahli (beliau kan dosen saya di ugm, jadi saya punya gambran umum mengenai spesialisasi beliau). KArena ini terkait dengan internet networking, yang bukan lingkup nya pak Roy. pak Roy sebatas rekayasa image bukan pakar jaringan. Rekomendasi saksi ahli banyak pak, ada pak Onno W Purbo (pakar security), pak Michael S Sungiardi, dan masih banyak lagi. Pak Roy kan dosen sospol ugm, bukan dosen TI….

    *betulkah ?*

    jawabannya BETUL pak, masih ada Pak Budi Rahadjo juga ..🙂

  18. Memang dibayar berapa sih KCM koq sampe harus menghapus content berita yg sudah dipublish ????

  19. Siapa sih yang berani tantang roy suryo di di televisi?

    Ayo blogger pada muncul dong!!!

  20. http://www.kompas.com/tekno/read.php?cnt=.xml.2008.04.01.04464545&channel=7&mn=114&idx=114

    “Kompas.com akan berusaha mendapatkan reaksi dari Roy Suryo mengenai serangan cracker terbaru ini. Bila memungkinkan, Kompas.com juga akan mencoba menghubungi cracker tersebut secara langsung maupun tidak langsung”

    kayaknya itu jawaban dari kompas iqiiqiqiqiq….

  21. ada yg tau riwayat akademis RS ???

  22. Ada yg tau riwayat AKADEMIS RS ???

  23. Oe RS… mana web kamu, masak katanya PAKAR TELEMATIKA kok g punya website… g da duit buat beli domain ma hosting pa?? mau mau dibliin domain hosting??

  24. KOMPAS SUX

  25. RS ingin jadi Menteri MENKOMINFO!!!!!

  26. Si Om GR-an ih…

  27. Wah emangnya om RS dewanya orang IT di Indonesia gitu?

  28. RS itu jadi sukses cuma karena nasib, orang kek gitu dijadikan tempat bertanya mengenai TI, hancurlah indonesia. oh tuhan pasti ada tujuannya kau menciptakan mahluk seperti RS. oh RS capeeeee dech… btw katanya si RS juga punya blog???? kalo iya lu bener2 bxxxxxt RS

  29. Roy Suryo doesn’t know the different between hacker and blogger…

    He’s just full of BS…

  30. abc said :
    Ada yg tau riwayat AKADEMIS RS ???

    Ada nya fact sheets di archive milis id-gmail :

    http://www.mail-archive.com/id-gmail@googlegroups.com/msg86648.html

  31. Yah, nampaknya kalo ada blogger ngeliat RS (rumah sakit?) kegilas truk, yang dilakukan adalah sms wartawan dulu.

    Trus posting di blog.

    Dan kita rayakan rame-rame.

  32. halah roy suryo ..
    kenapa selalu Pede abis ya klo ngasih penjelasan?
    mengherankan ..

  33. Huh Mas Roy mas roy…😛

  34. kompas itu = tai anjing, tai babi, tai monyet …


7 Trackbacks/Pingbacks

  1. […] Maret 29, 2008 oleh ryosaeba sejak disahkannya UU ITE hari selasa lalu, kompas menurunkan berbagai berita dengan narasumber tunggal roy suryo, yang isinya kebanyakan celotehan yang berupaya menyudutkan blogger dan hacker, bahkan menjurus ke fitnah. untuk ulasan lebih lanjut silakan kunjungi blog blogger dan hacker. […]

  2. […] Mana Prinsip Pemberitaan yang Berimbang di Kompas?: Protes soal pemberitaan Kompas yang tidak berimbang seputar tuduhan seseorang yang menyudutkan blogger dan hacker. Kok mau-maunya sih Kompas jadi tempat curhat seseorang itu? Padahal ada juga lho redaksi Kompas yang juga blogger… […]

  3. By Kompas Kemplu : My 0fficial WebloG on 29 Mar 2008 at 10:15 pm

    […] di Kompas. Koq gak ada ya dalam kaitan bloggerhacker dan UU ITE? Tanya kenapa? Ulasannya di SINI. Related PostsKompas NgacoHari ini lihat kompas.com (6 Januari 2008), ada berita tentang republik […]

  4. […] komentar “Sang Pakar” sendiri ternyata setelah itu memancing untuk merusak Situs Presiden dan Situs Partai Demokrat: Ia menambahkan, tindakan pengecut para hacker dan blogger juga bisa dilihat dari tindakan mereka […]

  5. […] tulisan mengenai Kompas & Roy Suryo yang cenderung memojokkan Blogger. Baca di sini:   Mana prinsip pemberitaan yang berimbang di kompas? Terus terang sekarang saya jadi benar-benar tidak respek sama Roy Suryo…. Masa dia bilang yang […]

  6. […] pribadi tanpa bukti yang jelas. Ditambah lagi dengan pemuatan pernyataan-pernyataan sepihak oleh Roy Suryo di Kompas tanpa adanya cross check dengan pihak blogger membuat berita menjadi tidak berimbang. Kenapa media […]

  7. […] blogger adalah kaum perusak tatanan dan mbalelo terhadap kebijakan pemerintah tanpa mengetahui pasti typical masing2 blogger itu sama saja melakukan penghinaan terhadap […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: