Skip navigation

Hacker menurut saya adalah orang yang suka mengutak-atik sesuatu, sehingga perangkat yang diutak-atik tadi mampu melakukan hal-hal lain yang tidak bisa dilakukan sebelumnya. Perangkat ini bisa saja berupa perangkat keras maupun perangkat lunak, atau sebuah sistem di dunia nyata. Namun sekarang ini istilah hacker sangat dekat dengan teknologi informasi. Dan memang, hacker perangkat lunak sangat menjunjung tinggi kebebasan informasi, bisa ditilik dari manifesto hacker berikut ini:

Ini adalah dunia kami sekarang, dunianya elektron dan switch, keindahan sebuah baud. Kami mendayagunakan sebuah system yang telah ada tanpa membayar, yang bisa jadi biaya tersebut sangatlah murah jika tidak dijalankan dengan nafsu tamak mencari keuntungan, dan kalian sebut kami kriminal. Kami menjelajah, dan kalian sebut kami kriminal. Kami mengejar pengetahuan, dan kalian sebut kami kriminal. Kami hadir tanpa perbedaan warna kulit, kebangsaan, ataupun prasangka keagamaan, dan kalian sebut kami kriminal. Kalian membuat bom atom, kalian mengejar peperangan, kalian membunuh, berlaku curang, membohongi kami dan mencoba menyakinkan kami bahwa semua itu demi kebaikan kami, tetap saja kami yang disebut kriminal. Ya, aku memang kriminal. Kejahatanku adalah rasa keingintahuanku. Kejahatanku adalah menilai orang lain dari apa yang mereka katakan dan pikirkan, bukan pada penampilan mereka. Kejahatanku adalah menjadi lebih pintar dari kalian, sesuatu yang tak kalian maafkan. Aku memang seorang hacker, dan inilah manifesto saya. Kalian bisa saja menghentikanku, tetapi kalian tak mungkin menghentikan kami semua. Bagaimanapun juga, kami semua senasib seperjuangan.

Namun itu hanyalah pengertian saya tentang hacker. Pembahasan yang lebih lebih mendalam tentang hacker bisa anda baca di artikel All About Hacking di ezine Echo.

We do not forgive.
We do not forget.
Expect us.

32 Comments

  1. oahem..

    HP Releases its First Linux-powered Laptop

    At the Linux Foundation Collaboration Summit at the University of Texas Supercomputing Center April 8, Hewlett-Packard announced the release of its first Linux-powered computer to be sold in the United States, the HP 2133 Mini-Note PC running Novell SUSE Linux Enterprise Desktop 10 Service Pack 1.

    HP was expected to offer a Linux desktop, and now it has finally done so. It’s not, however, the Linux desktop that many users expected. Instead of being a general-purpose consumer system or business PC, the Mini-Note is meant for the education market.

    lebih menarik dari pada ngebahas rs kan ?

  2. Mantap maju terus hidup persib

  3. manifestonya saya pake ya bung.
    inspirasional sekali

  4. Ini adalah dunia kami sekarang, dunianya posts dan comments, keindahan sebuah linkback. Kami mendayagunakan sebuah situs publishing yang telah ada tanpa membayar, yang bisa jadi biaya tersebut sangatlah murah jika tidak dijalankan dengan nafsu tamak mencari keuntungan, dan kalian sebut kami kriminal. Kami blogwalking untuk sekedar bersilaturrahmi, dan kalian sebut kami kriminal. Kami membagikan pengetahuan atau bahkan hanya sekedar menyalurkan uneg-uneg pribadi, dan kalian sebut kami kriminal. Kami hadir tanpa perbedaan warna kulit, kebangsaan, ataupun prasangka keagamaan, dan kalian sebut kami kriminal. Kalian membuat bom atom, kalian mengejar peperangan, kalian membunuh, berlaku curang, membohongi kami dan mencoba menyakinkan kami bahwa semua itu demi kebaikan kami, tetap saja kami yang disebut kriminal. Ya, aku memang kriminal. Kejahatanku adalah rasa kepedulianku terhadap sesama. Kejahatanku adalah menilai orang lain dari apa yang mereka katakan dan pikirkan, bukan pada penampilan mereka. Kejahatanku adalah menjadi lebih populer dari kalian, sesuatu yang tak kalian maafkan. Aku memang seorang blogger, dan inilah manifesto saya. Kalian bisa saja menghentikanku, tetapi kalian tak mungkin menghentikan kami semua. Bagaimanapun juga, kami semua senasib seperjuangan.

    http://www.software-arsitek.web.id/2008/04/blogger-manifesto.html

  5. Minta izn publikasi boleh?

  6. Hi. Request. Ganti theme dong. Cari yang putih lah, karena udah tua nih, baca agak sulit.

  7. kaqlau utak atik parabola termasuk heker ga, bos?

  8. oh seraaaam

  9. Hacker ialah seseorang/invididu (pria atau wanita) yang memahami tentang bagaimana harus bertahan hidup.

    Soo,,…

    Dagang Rujak, Petani, Pengusaha, Pakar Politik juga termasuk hacker.

    Hehehehe,,…

    Gak selamanya hacker itu ahli komputer lhoo,,…

  10. Andaikata 70% rakyat Indonesia melek internet dan banyak membaca, pasti tidak akan ada banyak kutipan dari ROY SURYO soal foto2 seleb telanjang….

    Pakar IT kok anti-internet (blog)??? Pake alesan berdalih, katanya itu adalah pilihan.

    Mekanisme berpikir yang mengerikan!!!!

    Sory Mas, agak2 emosi :p

  11. Sip, gw suka Black Themes! ;)

  12. Minjem Manisfestonya ne sapa tau ada yang koment tentang hacker

  13. Shalom,

    Salam kenal & salam persahabatan buat para blogger & hacker di forum ini.
    Maju terus & tetap semangat dalam memberi ilmu kalian bagi kami-kami yang masih awam dalam bidang informasi komputer.

    (Tulus Muara)

  14. saya di teror dengan no 4246001( saya tidak tau no apa itu )
    dengan menuduh saya selingkuh dengan teman saya dan no ini minta uang tutup mulut dengan jaminan 20 juta apabila tidak di beri no ini akan memberi vidionya pada is3 saya.mohon denga sangat, saya igin tau siapa dan di mana dia dan domisili nya… sayqa tidak ada dendam cuma ingin tau siapa namanya orang ini….
    tolong bantu saya. terima kasih..

  15. AUH AH GELAP

  16. naon ieu?

  17. sarua wae asana mah:)
    sapa bilang hacker punya tempat tersendiri? sapa bilang hacker lebih maju n ekslusif? sapa bilang Hacker berbeda eksistensinya sama kuli kasar di jalan-jalan berdebu seperti kami, kenyataannya kita sama-sama Mahluk Tahu Mahluk Mau
    Kemauannya mengandaikan Pengetahuannya…
    hehehe

  18. alias sukanya Mau tahu aja..:)..succes 4 u

  19. enak dengerin lagu unity nya bondan gan sambil nyecript

  20. Hacker…..walaupun aq tak paham, tapi aq suka sama sosok ini, karena menurut q mereka jenius. bisa menerobos segala sistem, bahkan sandi rahasia pemerintah pun bisa mereka bobol, hal ini hanya untuk menguji keterampilan otak mereka. walau tidak sedikit yang suka merusak. tapi dimata ku mereka itu brilian…

  21. bro bisa ngehack situs ini ga http://beritamuslim.wordpress.com/
    isiny benar-benar penghinaan.please

  22. iya, memang harus diperjelas lagi pengertian HACKER. msh bYk yang salh dan memandang negtif….dikiranya sm ma CRACKER

  23. @djoni on: itu nomor dikirim dari email yahoo ke ponsel. Nah tuk tau address email tersebut, kata awal dari pesan yg anda terima ada ID nya. Contoh pesan: hacker_indonesia Komputer anda akan kami rusak. Nah itu ID emailnya ”hacker_indonesia@yahoo.com”

  24. saya setuju dngn ini…?

  25. kalaw harker persik da gak ya………..?

  26. 4 h4cker unite peace…>

  27. Bisa kasi info ynag lebih detail ga tentang hacker ini,,,,?
    kayak misalnya gimana cara seseorang jadi hacker atau yang lain gitu,,,

  28. ok bgt

  29. Ok…..banget!!!!!!

  30. ..wawasan ku bertambah soal sosok yang satu ini..
    ..aku terinspirasi buka situs ini karena baca komik Electric Daisy by Motomi Kyousuke..
    ..bagi ku,, Hacker itu Jenius banget..
    ..jadi ingin mendalami..
    heheheheh :D

    tapi susah untuk orang awam yah :(
    rencana-nya aku mau ambil fak. Multimedia dan Jaringan.
    apa nnti aku akan pelajari soal kode pemrograman dan hack yah???

    ..TERUS BERTAHAN HIDUP saja.. :)
    ..ter-inspirasi banget sm blog ini :)
    SUKSES SELALU YACH!!!

  31. jgn buat aniaya


3 Trackbacks/Pingbacks

  1. [...] definisi hacker [...]

  2. [...] dan Hacker Tunggu Aksi Saya!™ Tentang KamiApa itu blogger?Apa itu hacker?Kaos KRMT « korupsi waktu, berbuat jelek, [...]

  3. [...] Apa itu hacker? [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: